Minggu, 17 Januari 2010

Manfaat dan Bahaya Kopi




  MANFAAT DAN BAHAYA KOPI :

 
Siapa sih yang tak kenal kopi ?? Minuman berwarna hitam dan rasanya yang pahit ini, konon katanya bisa menghilangkan rasa kantuk dan lemas. Selain manfaatnya..ternyata kopi juga menimbulkan bahaya bagi tubuh. Cari tahu yuk tentang manfaat dan bahaya kopi.


Zat yang terkandung dalam kopi adalah kafein.


Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.


Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin
dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.






Manfaat kopi


Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.


Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).


Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.


Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.




Kerugian Kopi


Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.


Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.


Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.


Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.




Aman konsumsi kopi


Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.


Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.


Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.


Sumber: Dra. Emma S Wirakusumah, Msc dan Wikipedia
Rec: http://www.azk4.com/2009/02/manfaat-dan-bahaya-kopi.html


Kopi: adalah sejenis minuman, biasanya dihidangkan panas, dan dipersiapkan dari biji dari tanaman kopi yang dipanggang. Saat ini kopi merupakan komoditas nomor dua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Total 6,7 juta ton kopi diproduksi dalam kurun waktu 1998-2000 saja. Diperkirakan pada tahun 2010, produksi kopi dunia akan mencapai 7 juta ton per tahun (dari FAO). Kopi merupakan sumber utama kafein. Kopi, untuk konsumsi saya pribadi biasanya 5-7 cangkir setiap harinya. Dan Alhamdulillah.., di bulan Ramadhan ini bisa sedikit terkontrol. Jadi cuman 3 cangkir per hari. Sesudah buka puasa, malam hari disaat menemani saya berOnline Ria dan dikala sahur. Mungkin Anda bisa mengkategorikan saya sebagai pecandu berat sama kopi. Bahkan temen saya sendiri banyak yang bilang, “Ati-ati loh, jangan kebanyakan kopi ntar darahmu jad item“. Ada pula yang ngomong, “Awas kebanyakan kopi, ntar mati kayak mbah Surip“. Dan lain sebagainya.. Tapi saya tetap enjoy-seenjoy-enjoynya, tetap nikmati kopi dengan ramuan sensasi kreasi diri sendiri. Kopi juga salah satu anugerah dari Sang Pencipta, bukan? Minimal selalu saya campur dengan madu, bisa menambah gurih dan menguatkan rasa kopi itu sendiri (menurut saya). Mau tahu seperti apa, pernah saya tulis di sini :
- Minum Oplosan Dini Hari
- Menu Kopi Pagi Ini
Sebagian orang mungkin tidak suka atau bahkan antipati dengan kopi, bahkan dengan terang-terangan menyebutkan serentetan bahaya-bahaya dari kopi (kafein yang terkandung di dalamnya). Sama halnya dengan ibu saya yang selalu berpesan, “Mbok ngombe kopi-ne dikurangi, gak apik nggo awak” (minum kopinya dikurangi, ndak bagus buat badan, red). Dilain waktu justru selalu menawarkan kepada saya, “Wan, digawekno kopi tah?” (Wan, dibuatin kopi ya. red) Tapi di bulan baik ini (ramadhan) mari kita coba cari nilai atau pelajari bareng yang baik dan hal-hal yang bermanfaat dari kopi. Bulan baik, sebar berita baik. Bukan begitu..?!
Berikut hal-hal baik dan menarik dari kopi :
  1. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
  2. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
  3. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
  4. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
  5. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  6. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
  7. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  8. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
  9. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  10. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  11. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
  12. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
  13. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
  14. Minum kopi membuat sperma “berenanglebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan Kaum Adam.

Pengalaman saya pribadi, setiap pagi (di luar puasa tentunya) ketika bangun selalu rajin minum air putih cukup 1 (satu) gelas. Dan pastinya disusul dengan 1 (satu) cangkir Kopi (instan) ditambah dengan 2 (sendok teh madu tawon). Hasilnya apa? Paling tidak setengah jam sesuda minum kopi langsung ada hasrat ‘alami’, BAB (maaf) alias boker, pub atau be’ol. Ini tips jika anda susah atau kurang lancar BAB di pagi hari. Sudah pernah dipraktekan oleh teman saya dan cukup berhasil. Monggo bisa Anda praktekan sendiri. Tapi jika Anda merasa berdebar jika minum kopi, ya ‘insap’ aja loh. Ndak usah bikin resiko sendiri untuk memberanikan minum kopi. Kesehatan Anda yang lebih utama… Betull..!?!
Semua kembali dari kadar yang kita konsumsi, dengan kata lain jangan berlebihan. Allah sendiri tidak menyukai orang yang berlebihan. Jadi tidak hanya kopi, makan nasi pun juga menimbulkan efek samping jika berlebihan dalam mengkonsumsinya. Menjadi ngantuk dan akhirnya mengganggu produktifitas kerja kita. “Berhentilah makan sebelum kenyang“, itu pesan Rosululloh SAW.
Semoga informasi ini berguna..
Sumber :
- http://id.wikipedia.org
- http://epat.songolimo.net/
Rec: http://blog.iwanudin.com/manfaat-kopi/

0 komentar:

Posting Komentar

Link's Streaming

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Site info

Page Rank Checker Page Rank IP

Archive

 

TELAPAK SUMBANG : terima kasih atas kunjungan'nya di blog ini dan salam damai buat semua'nya didukung oleh : Mr.Sumbang